Mau Tahu Website Perusahaan Apa Saja Halamannya? ( Bagian 2 )

Dipostingan sebelumnya telah kita sampaikan 4 halaman penting yang wajib ada di website perusahaan, mulai dari Hubungi Kami, Tentang Kami, FAQ dan Pricing. Sekarang kita lanjutkan 3 sisanya. Yuuk simak lanjutannya.

5. Support ( Bantuan Pelanggan )

Pasti ada saja masalah terkait produk atau layanan pada bisnis Anda stelah terjadi pembelian. Untuk itu tentu anda perlu membuat layanan purna jual yang memuaskan pelanggan. Orang-orang bisa saja mengunjungi website atau langsung menghubungi Anda melalui email atau telepon untuk menyampaikan masalah yang mereka alami. Agar bisa memaksimalkan fitur bantuan  dengan baik, aktifkan halaman khusus untuk bantuan pelanggan.

Halaman FAQ memang memuat pertanyaan dan jawaban mengenai hal-hal teknis yang terkait bisnis Anda. Namun, halaman FAQ bukanlah pengganti dari fitur bantuan pelanggan. Biasanya orang-orang yang membutuhkan jawaban akan mencari informasi di mesin pencari atau sumber lain terlebih dulu sebelum akhirnya mereka menyerah dan berkomunikasi dengan Anda untuk meminta bantuan.

Setidaknya dengan adanya halaman bantuan pelanggan, pengunjung situs bisa lebih mudah dalam ‘mengadukan’ masalah pada Anda. Bantuan pelanggan bisa dalam bentuk formulir kontak, live chat, atau forum komunitas di mana klien atau user menuliskan pertanyaan apa pun terkait produk dan layanan yang Anda tawarkan. Jika website perusahaan Anda berbasis WordPress, maka Anda dapat menambahkan fitur-fitur ini  dengan mudah. Ada banyak plugin khusus formulir kontaklive chat, dan forum yang bisa langsung diinstall dan diaktifkan.

Pilihlah salah satu sesuai dengan jenis bisnis yang Anda jalankan. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing fitur yang disebutkan sebelumnya:

  • Formulir kontak

    Keuntungan menerapkan metode bantuan pelanggan dengan meminta mereka untuk mengirimkan pertanyaan melalui email adalah Anda tidak perlu langsung menjawabnya. Hanya saja, sebagai pemilik bisnis, Anda tidak bisa mengindahkan ketepatan dan kecepatan dalam menangani masalah pelanggan. Dengan fitur formulir kontak, Anda bisa membalas pertanyaan dan/atau keluhan klien tanpa membutuhkan waktu lama.

  • Live chat

    Memasang fitur bantuan berupa live chat berarti Anda tahu konsekuensinya bahwa pelanggan ‘menuntut’ kecepatan dalam penanganan masalah. Anda (dan tim) harus siap sedia sepanjang hari menanggapi setiap keluhan dan masalah yang mereka sampaikan.

  • Forum komunitas

    Kelebihan dari fitur ini adalah satu pengunjung situs bisa melihat pertanyaan pengunjung lain beserta jawaban-jawabannya. Secara tidak langsung, pertanyaan dan jawaban yang saling terlontar membantu pelanggan menemukan informasi yang dicari.

Sama seperti halaman FAQ, Anda juga tidak bisa menerapkan halaman bantuan pelanggan di semua jenis bisnis, apalagi kalau Anda tidak menawarkan layanan online atau melakukan pengiriman ke berbagai daerah bahkan negara. Bagi bisnis yang memiliki toko fisik, orang-orang cenderung langsung datang ke toko atau menghubungi Anda via telepon ketika mereka membutuhkan bantuan atau hendak bertanya tentang sesuatu.

6. Kebijakan Privasi

Akhir-akhir ini perkembangan internet semakin signifikan, dan sudah banyak layanan yang hadir dalam bentuk digital. Masing-masing layanan tentu memiliki peraturan serta syarat yang mengamankan perusahaan dan kliennya agar tidak timbul masalah dan melanggar hukum, aturan, dan ketetapan yang berlaku. Di sinilah kebijakan privasi berlaku. Apabila Anda membuat website perusahaan yang mengharuskan klien atau usernya memasukkan berbagai data dan informasi sensitif, maka di situlah Anda menyadari betapa pentingnya kebijakan privasi.

Sebagai contoh, Anda memasang cookies  di website bisnis yang langsung mengoleksi data dari user. Fitur sign-up (buat akun baru) atau formulir kontak juga mewajibkan klien memasukkan data dan informasi pribadi mereka. Untuk menjelaskan kebijakan yang berlaku lebih lanjut, Anda harus memasang kebijakan privasi. Dengan aturan dan regulasi, seperti General Data Protection Regulation (GDPR), pengunjung situs, user, ataupun klien jadi tahu jenis data yang disimpan dan bagaimana serta untuk apa data tersebut digunakan.

Memasang kebijakan privasi juga menunjukkan bahwa Anda bertanggung jawab terhadap keamanan informasi yang mereka masukkan. Jika gagal melindungi data dan informasi klien, maka Anda akan mempertanggungjawabannya. Ingatlah untuk selalu menyebutkan informasi yang jelas di awal demi memperoleh kepercayaan dan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda.

Untuk membuat kebijakan privasi, Anda tidak harus menyewa jasa pengacara. Ada banyak tool pembuat kebijakan privasi khusus untuk website. Hanya saja, saat membuat kebijakan privasi, Anda tetap harus mengacu pada persyaratan yang dimuat dalam GDPR, dan pastikan isinya sesuai dengan hukum serta ketetapan yang berlaku.

7. Terms Of Service ( Ketentuan Penggunaan )

Membuat website perusahaan berarti Anda akan berurusan dengan berbagai layanan, seperti pembelian, pengiriman, pendaftaran akun baru, dan lain sebagainya. Agar user atau klien mendapatkan informasi yang cukup mengenai layanan yang Anda berikan, maka Anda wajib memasang halaman Terms of Service (Ketentuan Penggunaan). Halaman ini memuat informasi penting tentang layanan Anda, seperti:

  • Siapa saja yang bisa menggunakan layanan Anda?
  • Dalam kondisi seperti apa yang memungkinkan Anda tidak menawarkan layanan tersebut?
  • Apa yang akan diterima user ketika mereka menyewa jasa Anda atau melakukan pembelian di website Anda?
  • Persyaratan hukum lainnya yang relevan dengan niche atau bisnis Anda.

Dengan kata lain, halaman Terms of Service membahas web bisnis Anda dari perspektif hukum. Tidak seperti kebijakan privasi yang bisa dibuat menggunakan tool digital, untuk mengonsepkan Ketentuan Penggunaan (Terms of Service), kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan pengacara. Ingatlah bahwa bila tidak memasukkan informasi penting atau salah mencantumkan sesuatu, maka Anda akan mempertanggungjawabannya.

Anda tidak membutuhkan halaman Ketentuan Penggunaan  jika Anda tidak menyediakan layanan di website. Misalnya, untuk toko fisik, ada pengukuran atau kualifikasi lain yang dibutuhkan guna melindungi diri dan bisnis Anda.

Kesimpulan

Agar tujuan pembuatan website perusahaan menjadi maksimal dan efektif, maka Anda harus tahu halaman website apa saja yang harus ada di web. Sebagai contoh, ada website bisnis yang memerlukan halaman bantuan pelanggan, dan ada pula web bisnis yang hanya membutuhkan halaman Kontak. Demikian juga halnya dengan website bisnis yang membutuhkan atau malah tidak membutuhkan halaman FAQ, tapi halaman kebijakan privasi dan ketentuan penggunaan menjadi sangat penting dan vital untuk disertakan (tentu saja tergantung pada jenis bisnis yang Anda jalankan).

Apakah Anda punya pertanyaan tentang cara membuat website bisnis di WordPress? Silakan tuliskan pertanyaan Anda pada kolom komentar di bawah ini!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *