Strategi Marketing Webinaja

STRATEGI MARKETING ITU APA SAJA SIH? YUK SIMAK PENJELASANNYA

Ada beberapa strategi marketing yang perlu di terapkan dalam pelaksanaan langkah-langkah marketing. Berikut adalah penjelasannya.

1. Berdasarkan Target Pasar

Salah satu hal penting yang mempengaruhi marketing strategy dan marketing plan adalah target pasar di dalam sebuah bisnis. Hal ini karena perusahaan harus memahami terlebih dahulu target pasar sehingga dapat merencanakan dan membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Berdasarkan target pasarnya, marketing dibagi menjadi empat jenis yaitu adalah:

    • Business to Business (B2B), adalah perusahaan melakukan teknik pemasaran dengan menargetkan perusahaan lain atau bisnis kepada bisnis lainnya dengan menawarkan produk yang dapat memajukan bisnis lain tersebut.
    • Business to Consumer (B2C), adalah perusahaan melakukan teknik pemasaran dengan menargetkan masyarakat pada umumnya menjadi konsumen.
    • Consumer to Consumer (C2C), adalah perusahaan melakukan teknik pemasaran dari konsumen untuk konsumen lainnya.
    • Business to Government (B2G), adalah perusahaan melakukan teknik pemasaran dari perusahaan untuk instansi pemerintah.

2. Berdasarkan Teknik Pemasaran

Selain  target pasar, perlu juga memperhatikan teknik pemasaran yang merupakan hal penting dalam membuat strategi maupun rencana pemasaran.

Hal ini dikarenakan teknik pemasaran menentukan persepsi konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan. Berdasarkan teknik pemasaran, marketing dibagi menjadi empat jenis yaitu adalah:

    • Word of Mouth (WOM), jenis marketing ini mengutamakan lisan sebagai teknik pemasaran. Atau lebih mudahnya adalah pemasaran dari mulut ke mulut. Kalau salah seorang pelanggan puas dia akan menceritakan pengalamannya kepada orang lain.
    • Guerrilla Marketing, adalah teknik pemasaran gerilya yang tidak konvensional, memiliki potensi untuk menjadi pemasaran yang interaktif dan sengaja menempatkannya di tempat-tempat yang tidak terduga.
    • Affiliate Marketing, adalah teknik pemasaran suatu bisnis atau perusahaan memberikan reward jika suatu afiliasi dapat membawa konsumen ke bisnis tersebut.
    • Database Marketing, teknik pemasaran dengan memanfaatkan database konsumen yang berpotensi untuk kemudian mempromosikan produk dengan komunikasi pribadi.

3. Berdasarkan Alat Yang Digunakan

Selain target pasar dan teknik pemasaran, alat yang digunakan untuk melakukan pemasaran juga merupakan hal penting yang dapat mempengaruhi strategi dan rencana pemasaran.

Berdasarkan alat yang digunakan, marketing dibagi menjadi tiga jenis yaitu adalah:

    • Telemarketing, adalah model pemasaran menggunakan telepon langsung, penjual mengumpulkan data sejumlah calon konsumen untuk membeli suatu barang atau jasa.
    • Digital Marketing, yaitu teknik pemasaran yang menggunakan saluran digital untuk mempromosikan produknya seperti televisi, internet, sosial media dan website.
    • Direct Mail Marketing, yaitu teknik pemasaran langsung  bisa menggunakan brosur, surat promosi dan iklan jalanan.

Perlu pemahaman bahwa marketing adalah kombinasi dari banyak teknik dan taktik yang berbeda dan bukan hanya satu strategi saja.

Strategi Marketing Lainnya

Selain itu, berikut adalah daftar beberapa strategi pemasaran penting untuk menyasar pasar lebih luas yang harus Anda ketahui:

  1. Email Marketing: Pemasaran Email adalah salah satu teknik yang paling menguntungkan dan efektif dalam hal pengembalian. Biasanya, ini terdiri dari mengirim email ke audiens Anda, tetapi pastikan untuk mendefinisikan segmen Anda dengan baik agar efektif.
  2. Mobile Marketing: Pemasaran Seluler adalah konsep luas yang menyatukan semua kampanye dan tindakan pemasaran yang berfokus secara eksklusif pada platform dan aplikasi seluler (yaitu ponsel cerdas dan tablet).
  3. Viral Marketing: Memiliki sesuatu yang viral adalah impian setiap perusahaan. Viral Marketing menyebar dari satu orang ke orang lain dan mampu berjalan sangat jauh dengan sangat cepat.
  4. Performance Marketing: Performance Marketing adalah metodologi yang menerapkan berbagai metode dan teknik pemasaran dan menjamin pengiklan bahwa mereka hanya perlu membayar untuk hasil yang mereka capai.
  5. Inboud MarketingMetode pemasaranini berfokus pada pembuatan konten yang berharga untuk menarik lalu lintas yang berkualitas dan bekerja menuju penjualan akhir.

Baca Juga : Pengertian Apa Itu Marketing

Strategi Marketing 4 P

Menurut E. J. McCarthy, strategi pemasaran 4P adalah rumus sederhana untuk mengidentifikasi dan bekerja dengan elemen penting dari strategi pemasaran Anda.

  1. Produk ( Product )

Memiliki produk adalah kunci dan merupakan akar dari semua hal pemasaran. Perusahaan bisa menawarkan produk apa saja kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhannya.

Hal terbaik yang harus anda lakukan adalah memutuskan produk atau layanan anda berdasarkan kebutuhan dan motivasi konsumen dan bagaimana produk tersebut akan bermanfaat bagi konsumen, bukan pada karakteristik fisik atau atribut objek.

  1. Tempat ( Place )

Lokasi penjualan yang strategis dapat berupa apa saja mulai dari toko online hingga saluran toko fisik di berbagai kota atau negara.

Tujuan dari strategi distribusi adalah untuk memungkinkan klien potensial memiliki akses mudah ke produk / layanan Anda serta menawarkan pengalaman yang baik selama proses pembelian.

  1. Harga ( Price )

Bagaimana menentukan harga produk dan layanan kami adalah bagian yang sangat penting dari strategi pemasaran.

  1. Promosi ( Promotion )

Strategi ini mengacu pada semua tindakan pemasaran dan komunikasi yang kami lakukan untuk menyebarkan manfaat dan karakteristik produk atau layanan kami di pasar sebagai cara meningkatkan penjualan.