Cara Membuat Landing Page
Pengertian Landing Page
Cara Membuat Landing Page – Landing page itu apa sih? Mau tahu jawabannya? Yuk simak terus ya… Landing page adalah sebuah halaman web statis yang khusus dibuat untuk menawarkan produk dari sebuah perusahaan ataupun bisnis pribadi.
Dari landing page tersebut diharapkan bisa mendatangkan prospek ke website kita. Landing page ini bisa berupa halaman yang terintegrasi dengan website atau bisa juga halaman tersendiri yang dihubungkan ke website utama.
Tujuan umum dari landing page adalah mengajak orang-orang untuk melakukan tindakan bisa berupa pendaftaran gratis dan mendapat bonus, berlangganan newsletter, atau mendapatkan uji coba gratis sebuah produk.
Selain itu, landing page juga diharapkan bisa membuat transaksi terjadi menjadi lebih cepat, karena pada landing page ini penawaran dibuat khusus, sehingga pengunjung maupun pelanggan fokus pada penawaran yang ada dan tidak teralihkan pada menu atau tombol navigasi lainnya.
Berikut Ini Langkah-Langkah Cara Membuat Landing Page Menurut Moosend :
-
Definisikan Target Audience
Sebuah landing page ditujukan untuk tipe konsumen spesifik. Tipe konsumen atau target audience ini disesuaikan dengan produk yang akan kamu tawarkan dengan landing page tersebut.
Maka dari itu, langkah pertama ialahmelakukan riset untuk mengetahui orang seperti apa yang akan menjadi target bisnismu. Karena hal ini akan memengaruhi desain landing pagenya, copy writing, dan pendekatan-pendekatan lainnya di landing page-mu.
-
Tentukan Tujuan
Untuk landing page yang ideal hanya ada satu tujuan dalam sebuah landing page. Sebagai contoh, landing page tersebut ditujukan agar pengunjungnya meninggalkan informasi kontak, sign up, mengisi form, melakukan registrasi, klik download, dan lainnya.
Dengan menawarkan opsi yang minimal ini adalah cara untuk memastikan pengunjung tidak terdistraksi dengan hal lain dan melakukan konversi yang diinginkan. Dengan begitu, landing page-mu akan bisa efektif mengonversi pengunjung.
-
Isi Landing Page
Setelah jelas fokus dari landing page, selanjutnya adalah membuat copy writing di halaman tersebut.
Sebelumnya jangan lupa untuk membuat sebuah headline yang menarik di bagian atas atau paling awal.
Fungsi headline tersebut adalah untuk membuat pengunjung ingin terus melanjutkan scrolling ke bawah.
Menulis copy writing yang baik untuk landing page sebaiknya menggunakan keyword–keyword yang telah diriset sebelumnya dan banyak dicari oleh target audience. Dengan begitu, landing pagenya akan semakin dinilai baik dan mampu membantu konversi terjadi secara optimal.
-
Tambahkan Konten Visual
Aspek visual ini adalah faktor yang sangat penting untuk mendukung copy writing yang sudah ditulis. Karena konten visual yang sesuai akan bisa memengaruhi persepsi pengunjung landing page dan meningkatkan kenyamanan di halaman tersebut.
Jangan lupa pilih skema warna yang sesuai dengan brand-mu, gunakan gambar-gambar, tambahkan video, dan aspek visual lainnya agar landing page semakin menarik.
-
Buat CTA
Call-To-Action (CTA) adalah kalimat ajakan agar pelanggan segera melakukan tindakan yang diarahkan dari awal. CTA ini adalah bagian yang wajib ada di sebuah landing page. Sesuaikan CTA dengan tujuan landing page yang sudah ditetapkan di awal.
Sebagai contohnya, jika tujuan landing page yang dibuat adalah untuk mengajak pengunjung sign up, maka contoh CTA-nya adalah “sign up sekarang!”.
Untuk memudahkan pengguna, biasanya CTA dibuat dalam bentuk tombol.
Demikian 5 langkah cara membuat landing page, menurut Moosend. Yuk segera praktek biar bisa langsung dievaluasi.
Untuk membuat landing page bisa menghubungi marketing webinaja.id dengan klik disini. Webinaja.id melayani jasa pembuatan landing page untuk bisnis online Anda.