Pengertian Marketing
Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan.
Definisi lain marketing adalah beberapa aktivitas yang saling berhubungan guna memenuhi kebutuhan konsumen sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dari penjualan produk kepada konsumen.
Fungsi Marketing
Berikut ini adalah beberapa fungsi marketing yang mungkin jarang Anda ketahui:
- Fungsi Pertukaran
Fungsi pertukaran ini terjadi antara konsumen dan produsen. Konsumen bisa bebas memilih produk yang berasal dari perusahaan mana saja dengan menukarkannya dengan uang atau bisa menukarkan produk dari perusahaan. Konsumen juga bisa menggunakan produk sendiri ataupun menjualnya kembali.
- Fungsi Distribusi Fisik
Fungsi distribusi produk yaitu dengan cara memindahkan produk dengan cara mengangkut dan menyimpan produk. Produsen memiliki produk dan akan mendistribusikan kepada konsumen baik melalui melalui darat, laut, atau udara.
Produsen juga melakukan penyimpanan produk agar produk terjaga pasokannya di pasar sehingga tidak terjadi kelangkaan produk saat konsumen membutuhkan .
- Fungsi Perantara
Fungsi perantara ini terjadi saat memberikan produk sampai kepada tangan konsumen dari produsen.
- Fungsi Lain
Fungsi lain dari marketing adalah tidak hanya sebagai pertukaran, distribusi fisik, dan perantara, tetapi masih ada fungsi penting lainnya berdasarkan manajemen pemasaran, diantaranya adalah sebagai berikut ini:
- Marketing Sales. Tugas utamanya adalah menghasilkan sales atau penjualan dari produk yang dimiliki oleh perusahaan, sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dari setiap produk yang dijual.
- Marketing Promosi. Tugasnya adalah untuk mengenalkan sebuah produk kepada masyarakat luas agar produk yang dimiliki perusahaan bisa dikenal.
- Marketing Riset dan Pengembangan. Memiliki tugas untuk mencari informasi dari sebuah produk yang dibutuhkan oleh konsumen atau melakukan pengembangan produk yang sudah ada mengenai kelebihan dan kekurangannya, kemudian melaporkannya semuanya kepada perusahaan agar segera dilakukan tindak lanjut.
- Marketing Communication. Marketing memiliki tugas untuk membuat hubungan yang baik antara perusahaan dengan konsumen, perusahaan dengan masyarakat sekitar dan perusahaan kepada pihak yang terkait dalam bisnis.
Tugas Marketing
Berikut adalah tugas seorang marketing adalah:
- Sebagai orang yang pertama kali mengenalkan produk perusahaan kepada masyarakat, terutama pada produk-produk baru yang membutuhkan banyak promosi.
- Bertugas menjadi orang yang menjualkan produk perusahaan kepada konsumen sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dari setiap produk yang terjual.
- Bertugas untuk mencari informasi dan menyampaikannya kepada perusahaan mengenai kelebihan dan kekurangan dari sebuah produk yang dijual.
- Bertugas menjalin hubungan baik antara perusahaan dengan konsumen.
- Bertugas menjadi penghubung antara perusahaan dengan lingkungan sekitar.
4 Tahapan Dalam Marketing
Perusahaan harus melalui beberapa tahapan untuk memastikan produk atau layanan mereka siap untuk dijual.
- Ideation
Marketing dimulai saat Anda mengembangkan ide untuk produk atau layanan. Sebelum meluncurkan produk atau layanan, Anda harus memutuskan apa yang Anda jual, berapa banyak pilihan yang tersedia, dan bagaimana itu akan dikemas dan disajikan kepada konsumen.
- Riset dan Pengujian
Sebelum Anda dapat mempublikasikan ide Anda, Anda harus melakukan riset dan pengujian pemasaran.
Departemen pemasaran biasanya menguji konsep produk baru dengan kelompok fokus dan survei untuk mengukur minat konsumen, menyempurnakan ide produk, dan menentukan harga produk tersebut.
Meneliti pesaing Anda dapat membantu Anda menetapkan harga yang optimal dan menghasilkan ide untuk memposisikan merek Anda di pasar yang ada.
- Periklanan
Informasi yang Anda kumpulkan dalam penelitian Anda akan membantu Anda menentukan strategi penjualan dan membuat kampanye periklanan.
Promosi dapat mencakup berbagai bentuk media, acara, iklan langsung, kemitraan berbayar, hubungan masyarakat, dan banyak lagi.
Sebelum memulai kampanye periklanan, tetapkan tolak ukur konkret yang dapat Anda gunakan untuk mengukur seberapa efektif kampanye periklanan tersebut.
- Menjual
Tentukan di mana dan bagaimana Anda berencana untuk menjual kepada pelanggan. Perusahaan produk konsumen, misalnya, menjual ke grosir yang kemudian menjualnya ke pengecer. Di pasar industri, proses pembelian lebih lama dan melibatkan lebih banyak pengambil keputusan.
Anda dapat menjual secara lokal, nasional, atau bahkan internasional, dan beberapa perusahaan hanya menjual produk atau layanan mereka secara online.
Saluran distribusi dan penjualan Anda memengaruhi siapa yang membeli produk Anda, kapan mereka membelinya, dan bagaimana mereka membelinya.
Demikian artikel tentang pengertian marketing, Semoga bermanfaat dan kedepan insyaaAllah akan kita sambung dengan artikel selanjutnya.
Ingin Buat Website Untuk Iklan Marketing Anda? Silakan Klik Disini.