Bisnis Online Harus Punya Website
Bisnis Online Harus Punya Website

Inilah 6 Alasan Bisnis Online Harus Punya Website

Sebagai seorang pebisnis online apakah Anda sudah tahu tentang pentingnya bisnis online harus punya website? Tentu ini harus Anda ketahui, karena di website ini Anda bisa memberikan informasi yang lengkap kepada pelanggan.

Mulai dari profil bisnis, produk yang Anda jual dan juga layanan traksaksi penjualan produk Anda. Jadi, mengapa bisnis online harus punya website? Yuk, simak penjelasannya!

  1. Bisnis Anda Tampak Profesional

Website menunjukkan keseriusan sebuah bisnis yang dikelola oleh pemiliknya. Sebagai penjual Anda perlu meyakinkan konsumen bahwa bisnis online yang Anda jalankan adalah bisnis yang kredibel dan profesional. Hal ini penting untuk menarik minat calon pelanggan agar yakin dan merasa aman melakukan transaksi pembelian di toko online Anda.

Konsumen akan merasa lebih mudah untuk diyakinkan dengan hadirnya website bisnis yang dikelola dengan baik. Website bisnis bisa memuat semua informasi yang dibutuhkan calon pelanggan Anda. Mulai dari identitas atau profil toko online, layanan yang diberikan, produk yang dijual, promo yang tersedia, lokasi toko dan lain-lain.

  1. Target Konsumen Lebih Luas

Website adalah media yang tepat untuk menarik lebih banyak target konsumen. Website mampu menjangkau target konsumen seluas-luasnya dan bisa diakses kapan saja. Bahkan, tidak mustahil Anda bisa mendapat pelanggan dari luar negeri. Untuk itu pemasaran bisnis online harus bisa memanfaatkan semua media online yang ada untuk meningkatkan brand awareness, berpromosi dan meningkatkan penjualan.

  1. Memudahkan Pengumpulan Data untuk Analisis Bisnis

Untuk bisa menganalisis bisnis supaya bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat, maka perkembangan pasar harus dipantau dengan baik. Website adalah media yang tepat untuk pelaku bisnis online melakukan pengumpulan data pelanggan dan transaksi. Data tersebut sangat berguna dalam analisis dan evaluasi bisnis.

Website memberi kemudahan bagi penjual online untuk melihat tren pasar yang sesuai dengan target konsumen. Anda bisa tahu produk apa yang paling laris, promosi mana yang paling efektif, karakter konsumen seperti apa yang paling cocok dengan produkmu dan sebagainya. Masih banyak hal lain yang bisa dianalisis dari data yang Anda dapat dari website bisnis.

Google Analytics merupakan salah satu tools yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan analisis data dari website. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah menyusun konsep promosi yang lebih efektif dan tepat sasaran. Anda juga akan sangat terbantu dalam menghadirkan inovasi produk yang lebih baik lagi kedepannya.

  1. Meningkatkan Proses Branding dan Promosi

Dengan website proses branding dan promosi produk Anda akan menjadi lebih efektif. Dan strategi marketing digital menggunakan website akan membuat pelanggan lebih bisa menerima pesan dari produk Anda.

Strategi marketing menggunakan website di antaranya:

    • Kata Kunci SEO

Strategi marketing website dengan membidik kata kunci tertentu sehingga mudah ditemukan oleh mesin pencari atau disebut Search Engine Optimization. Tujuannya adalah untuk meningkatkan traffic website.

Traffic website yang tinggi membantu Anda mendapat lebih banyak calon pelanggan potensial untuk meningkatkan penjualan.

    • Landing Page

Landing page adalah sebuah halaman website yang dipersiapkan untuk menerima kunjungan pertama dari pelanggan. Landing page bisa berisi info promo, event, launching produk dan lain-lain. Landing page lebih mudah dilihat sehingga lebih efektif mencapai tujuan promosi di website bisnis Anda.

    • Iklan Online

Iklan online menggunakan Google Ads akan lebih efektif jika Anda telah mempunyai website bisnis yang aktif dan dikelola dengan baik. Iklan online bisa menjangkau lebih banyak target konsumen berdasarkan kriteria atau kata kunci tertentu.

Untuk itulah bisnis online harus punya website agar meningkatkan branding dan promosi.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Informasi profil bisnis dan deskripsi produk yang ada pada website tersedia dengan sangat jelas, hal ini menjadi faktor untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.

Pelanggan merasa lebih nyaman dan aman berbelanja di toko online yang jelas profil bisnisnya. Anda bisa melengkapi website dengan menu FAQ (Frequently Asked Questions) yang mudah diakses pelanggan. Anda bisa menampilkan testimoni pelanggan untuk menarik minat calon pelanggan baru.

  1. Mengoptimalkan Pelayanan Pelanggan

Tambahkan fitur chat pada website untuk mengoptimalkan pelayanan pelanggan. Karena website bisnis online tidak hanya berfungsi sebagai tempat promosi dan transaksi jual beli tapi juga untuk mendekatkan penjual dan pembeli. Anda bisa memberikan informasi produk terbaru di website agar lebih mudah diakses pelanggan.

Anda bisa membuat konten berisi informasi di luar produk yang Anda jual tapi masih relevan dengan kebutuhan pelanggan. Contohnya, jika Anda menjual produk kecantikan Anda bisa membuat konten artikel yang memberikan solusi dalam merawat wajah dan sebagainya. Hal ini akan sangat berguna bagi pelanggan dan menjadi salah satu bentuk pelayanan pelanggan.

Demikian 6 alasan bisnis online harus punya website. Semoga bisa memberikan pencerahan dan menjadi motivasi untuk segera buat website.

Webinaja.id jasa pembuatan website siap membantu Anda membuat website bisnis yang handal, tidak hanya bagus tampilan luarnya tapi juga SEO friendly dan juga mobile friendly.

Silakan bisa hubungi marketing kami di sini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *